Hosting Gratis

Hosting Gratis

Selasa, 14 Mei 2013

Istilah-istilah/ Singkatan Dalam Teknologi (Bagian II)

Melanjutkan judul terdahulu yaitu Istilah-istilah/ Singkatan Dalam Teknologi (Bagian I). Dan sekarang saya akan melanjutkannya di bagian II ini, mari kita simak yang berikut ini.

Interface: dalam terminologi perangkat lunak, interface biasa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam 1 sistem.

IP DSLAM: merupakan singkatan dari Internet Protokol Digital Subscriber Line Access Multipexer. DSLAM adalah perangkat jaringan yang terletak di dekat lokasi pelanggan. Perangkat menghubungkan sambungan pelanggan digital kepada backbone internet berkecepatan tinggi dengan menggunakan teknik multiplexing.

IRC: IRC merupakan singkatan dari Internet Relay Chat. Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk chatting. Untuk menggunakan layanan ini biasanya pengguna cukup mendaftar ke server IRC yang di inginkan.

IVR: merupakan singkatan dari Interactive Voice Response. Merupakan teknologi telephoni dimana pelanggan menggunakan telefone untuk terhubung dengan database yang berisi informasi tanpa harus berbicara dengan petugasnya.

JPG: merupakan format file atau tipe file yang berupa sebuah gambar atau foto.

Jaringan Data: jaringan data paket adalah jaringan komunikasi yang memecah dan menggabungkan data untuk dikirimkan dalam bentuk segmen-segmen yang dinamakan paket dan selanjutnya diarahkan secara terpisah.

LBS: LBS adalah layanan yang memungkinkan pihak operator untuk dapat mengetahui keberadaan pelanggan secara pasti dan real time.

Micro-SIM: Micro-SIM merupakan jenis kartu SIM secara fisik lebih kecil dari bentuk SIM trdisional. Tetapi memiliki bentuk lebih besar dari pada nano SIM. Kontak elektrik dan sirkuit dari Micro-SIM identik dengan bentuk kartu SIM yang lebih besar. Namun bagian plastik berbentuk lebih kecil. Sebuah Micro-SIM dapat digunakan pada slot kartu SIM yang lebih besar dengan menggunakan adaptor.

MIME 2: merupakan singkata dari Multy Purpose Internet Mail Extention yaitu suatu jenis E-mail pada ponsel dengan pengoptimalan pengiriman audio, video, gambar, aplikasi maupun program.

Nano-SIM: merupakan jenis kartu SIM yang secara fisik memiliki bentuk lebih kecil kartu SIM trdisional atau kartu Micro-SIM.

OFDM: yaitu singkatan dari Orthogonal Frequency Division Multiplexing. OFDM merupakan teknologi yang digunakan untuk kompresi sejumlah besar data ke dalam sejumlah kecil bandwidth. Hal inidilakukan dengan membagi sejumlah besar data ke dalam ukuran lebih kecil, kemudian mengirim data secara bersamaan selama beberapa frekuensi. Menggunakan OFDM, saluran data dibagi menjadi ukuran terkecil dari frekuensi yang dapat membawa sedikit kecil informasi tanpa saling mengganggu satu sama lain. Data tersebut kemudian berpisah dan dikirim melalui semua sub saluran secara bersamaan.

OMA: yaitu singkatan dari Ipen Mobile Alliance. Adalah kelompok global yang mendefinisikan dan mempromosikan standar terbuka untuk ponsel-ponsel baru yang berhubungan dengan teknologi, dengan fokus khusus pada layanan mobile data. Lebih dari 300 perusahaan yang mewakili operator, perangkat dan jaringan, atau penyedia konten adalah anggota dari OMA.

PAN: merupakan singkatan dari Personal Area Network. Sebuah jaringan nirkabel antara pengangkat yang berjarak dekat. PAN biasanya milik rentang seluas sekitar 30 meter. Bluetooth adalah jenis yang paling umum dari teknologi PAN.

PRL: yaitu singkatan dari Preffered Roaming List. PRL adalah daftar informasi yang berada dalam memori dari beberapa jenis telepon digital. PRL berupa daftar frekuensi radio telepon yang dapat digunakan di berbagai wilayah geografis. PRL membantu menemukan asal jaringan (tower) yang digunakan atau juga menara (tower) milik jaringan lain untuk digunakan dalam situasi roaming. Bila roaming, PRL dapat mengintruksikan telpon untuk menggunakan jaringan dengan tingkat sinyal terkuat saat itu.

RAS: adalah singkatan dari Remote Access Services adalah paduan perngkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan akses jarak jauh terhadap alat atau informasi yang tersimpan di jaringan perangkat. Server RAS adalah komputer khusus yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi.

Refurbished: ponsel refurbish adalah ponswl bekas yang sudah pernah digunakan kemudian diperbaharui dan kemudian dikembalikan dalam keadaan semula. Ada beberapa part yang diganti dan di modifikasi atau sekedar mengganti casing sehingga tampil layaknya ponsel baru.

SAP: merupakan singkatan SIM Access Profile. Sebuah profile bluetooth yang memungkinkan ponsel GSM untuk berbagi informasi kartu SIM dengan ponsel GSM lain

Service Plan: atau sering disebut Calling Plan. Sebuah paket layanan yang ditawarkan oleh service provider yang mencakup aktivasi, biaya bulanan biaya air time, roaming, serta layanan tambahan (seperti voice mail, data, atau roaming international)

SDXC: SDXC merupakan evolusi dari standar kartu memori SD/ SDHC. Sementara kartu SDHC memiliki penyimpanan maksimum 32 GB, standar kartu SDXC mendukung hingga 2 TB (Tera Bite). Setiap kartu SD atau microSD yang berukuran lebih besar dari 32 GB adalah SDXC atau micro SDXC.

Shared Hosting: sebuah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam 1 server yang sama. Keuntungannya adalah harga yang lebih murah, namun tingkat keamananya tidak sebaik hosting dedicated.

SIP: merupakan singkatan dri Session Initiation Protokol. SIP merupakan standar internet yang relatif baru. Ini adalah teknologi protokol yang dapat melakukan sesi komunikasi interaktif antara pengguna. Sesi ini dapat melibatkan 2 atau lebih pengguna. Sesi tersebut termasuk layanan suara, video, chatting, game interaktif dan virtual reality.

Spectrum: dalam terminologi nirkabel, hal ini mengacu pada bagian radio dari spectrum eloktromagnetik. Spectrum radio mencakup rentang dan frekuensi tertentu. Beberapa sinyal dapat ditransmisikan secara simultan pada frekuensi yang berbeda. Tetapai jika frekuensi sama, atau bahkan berdekatan, kedua sinyal dapat mengganggu 1 sama lain.

SQL: yaitu singkatan dari Structure Query Language. SQL merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun query database ataupun tugas-tugas pengelolaan lain yang berkaitan dengan database.

SVGA: yaitu singkatan dari Super Video Graphics Array. Sebuah ukuran resolusi/ standar untuk gambar dan tampilan layar. Ukuran SVGA adalah 800x600 piksel (atau sebaliknya dalam orientasi potret). Resolusi SVGA lebih besar dari CIF, QVGA, dan VGA, tetapi lebih kecil dari ukuran 1MP.

Switch: adalah perngkat mekanik listrik atau elektronik yang digunakan untuk membuka atau menutup sirkuit, menyambung atau memutus smabungan listrik dan digunakan untuk me'rote' trafik dalam jaringan telekomunikasi.

SyncML: SyncML adalah standar untuk sinkronisasi data agenda pribadi antara perangkat yang berbeda. Data tersebut meliputi kontak, to-do-list, dan jadwal. Perangkat dapat berupa ponsel, handheld atau bahkan PC. SyncML menyediakan format XML berbasis standar untuk data ini.

Text to Speech: teknologi yang mengubah teks digital menjadi audible speech. Dengan kata lain, memungkinkan perangkat untuk "bebicara" kepada pengguna melaui speakernya.

Threaded Messaging: threaded messaging menampilkan kedua sisi percakapan pesan teks (sms) pada satu layar dalam urutan kronologis. Dapat juga menampilkan pesan dalam satu grup.

TV Output: ponsel dengan TV output dapat dihubungkan ke tv standar untuk melihat foto, video, dan konten lainnya. Kadang-kadang permainan dan menu juga didukung untuk dilihat di TV. Sambungan melalui kabel atau kabel khusus diperlukan, yang mungkin tidak disertakan pada paket penjualan ponsel

USB: yaitu kepanjangan dari Universal Serial Bus. Yaitu istilah teknologi yanh memungkinkan pemsangan peripheral secara mudah dengan bandwidth yang lebih besar daripada port serial atau paralel.

UWB: merupakansinhkatan dari Ultra Wide Band. UWB adalah kategori yang luas dari teknologi radio yang secara simultan mengirimkan frekuensi radio pada rentang sekitar 5 MHz, tranmisi UWB mungkin mencapai 500 MHz.dengan cara ini UWB dapat berbagi spectrum radio dengan teknologi lainnya.

WAN: yaitu singkatan dari Wide Area Network. Sebuah jaringan kabel yang menyediakan komunikasi data untuk pengguna dalam jumlah besar. Kemampuan jaringan ini melebihi area lokal network (LAN) dan biasanya tersebar di wilayah geografis yang lebih besar dari LAN.

Website Dinamik: website seperti ini mengandung program, sehingga dapat melakukan interaksi yang lebih ketimbang berupa halaman saja.

Website Statik: website yang hanya terdiri dari file-file HTML sehingga hanya bisa dibaca sebagai brosur atau buku. Website seperti ini tidak bisa mengadakan interaksi lebih terhadap pengguna seperti melakukan pendaftaran, mengirim dan menerima E-mail dan sebagainya.

0 komentar:

Poskan Komentar