Langsung ke konten utama

Istilah-istilah/ Singkatan Dalam Teknologi (Bagian I)

Istilah-istilah atau singkatan dalam dunia teknologi ada banyak sekali. Dan sekarang saya akan membahas beberapa diantaranya

AFLT: singkatan dari Advanced Forward Link Trilateration. Tidak seperti A-GPS, AFLT tidak menggunakan satelit GPS untuk menentukan lokasi. Untuk menentukan lokasi, ponsel membutuhkan pengukuran sinyal dari BTS terdekat dan melaporkan jarak pembacaan jaringan, yang kemudian digunakan untuk melakukan pelacakan lokasi perkiraan ponsel

APK: apk merupakan singkatan android pagekage. Yaitu adalah file yang hanya dapat di buka atau dijalankan di perangkat android saja

API: api adalah singkatan dari application programing interface. Yaitu suatu set perintah yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak dan dapat digunakan untuk mengakses fungsi tertentu dari sistem operasi yang mendasari suatu perangkat keras.

ATA: ATA adalah desain interface harddisk dengan kontroler yang terintegrasi di dalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan Ultra ATA menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatnya kecepatan akses.

Bridge: Bridge adalah sebuah perangkat yang menghubungkan jaringan secara fisik dengan cara menghubungkan 2 buah LAN yang menggunakan protokol sejenis. Bridge memiliki kemampuan untuk mengawasi lalu lintas data sehingga dapat memberikan informasi tentang volume lalu lintas dan kesalahan jaringan.

Cookie: suatu file yang disimpan ke dalam harddisk ketika pengguna mengakses halaman homepage tertentu. File ini sering sekali berisi informasi seperti kebiasaan Surfing maupun pilihan apa saja yang telah dilakukan.

Crosstalk: Kejadian yang terjadi dimana sinyal diransmisikan pada 1 sirkuit atau saluran sistem transmisi dan menciptakan efek yang tidak di inginkan dalam sirkuit lain atau saluran. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang mendengar percakapan orang lain.

E-Busuness: merujuk pada solusi bisnis elektronik yang mencakup layanan pembayaran elektronik, pusat data internet, maupun solusi aplikasi.

E-mail: e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan.

Feature phone: ponsel jenis ini adalah ponsel yang bukan merupakan smartphone. Biasanya ponsel ini membawa platform java atau brew untuk ponsel CDMA.

Freeware: yaitu program komputer di internet yang ditempatkan di internet dan di bagikan secara gratis. Setiap orang bebas mendownload program tersebut

FTP: FTP adalah singkatan dari file transfer protokol, FTP memungkinkan para pengguna mekakukan Upload atau Download file-file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam 1 jaringan internet.

G-mail: g-mail adalah layanan email dari google yang dapat dibuat secara gratis.

G-talk: g-talk adalah layanan chat dari google yang dapat digunakan apabila kita telah memiliki account google.

GPS one: GPS one adalah teknologi yang menginformasikan lokasi dan dikembangkan oleh snap track, anak perusahaan dari Qualcomm. GPS one adalah sebuah teknologi A-GPS,yang berarti menggunakan satelit GPS dalam menentukan lokasi. Ponsel yang menggunakan GPS one dapat menerima langsung sinyal dari satelit GPS, namun memerlukan koneksi langsung ke sever lokasi berbasis jaringan untuk melakukannya.

HTML: yaitu singkatan dari Hyper Text Mark-up Language. HTML adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiapa halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML (.htm). Kita membutuhkan browser untuk menampilkan file HTML tersebut.

HTTP: singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. Yaitu protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protokol HTTP.

ICCID: singkatan dari Integrated Circuit Card Identfication. Yaitu 16 digit angka yang terdapat di balik kartu sim. Nomor ICCID adalah nomor identitas kartu yang menunjukkan nomor sim.

IP: merupakan singkatan dari Internet Protokol. merupakan suatu bentuk dari pengisian dan pengalamatan paket-paket informasi yang dikirim dalam internet

ISP: merupakan singkatan dari Internet Service Provider. Berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.

MHL: MHL merupakan singkatan dari mobile high definition link. MHL merupakan standar industri untuk audio/ video interface yang memungkinkan konsumen untuk menghubungkan ponsel dan perngkat elektronik portable consumer elektronik (CE) dan menampilkannya ke tv HD (HDTV).

demikian dulu postingan saya hari ini semoga membantu jangan lupa untuk melihat kelanjutannya  bagian ke II nya atau cara mendapatkan pulsa gratis lewat mCent

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis E-mail

Pengertian E-mail surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronik mail dan sering disingkat E-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi Internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan E-mail kita dapat mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. E-mail yang dikirmkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah E-mail tersebut dikirim. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan E-mail tersebut. Bagian-bagian Dari Alamat E-mail Alamat E-mail memiliki struktur pokok, yaitu nam_user@domain. • Nama user adalah nama yang dipilih untuk identitas E-mail. • Nama domain (situs) penyedia layanan E-mail yang dipilih. • Tanda @ (dibaca et, dari kata at bahasa inggris) digunakan untuk memisahkan nama user dan nama domain. berikut be

Sejarah Singkat iOS Dan Kelebihannya

Pada kesempan kali ini saya akan mensahe tentang sejarah singkat iOS dan kelebihan sistem operasi tersebut. mungkin sebagian besar dari kalian belum mengetahui tentang sejarah sistem operasi iOS ini dan untuk menambah wawasan anda tentang teknologi sistem operasi anda maka simaklah yang satu ini iOS (sebelumnya iPhone OS ) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali. Apple memberikan major update setiap setahun sekali melalui iTunes dan juga melalui over the air sejak iOS 5.0.

Istilah-istilah/ Singkatan Dalam Teknologi (Bagian II)

Melanjutkan judul terdahulu yaitu Istilah-istilah/ Singkatan Dalam Teknologi (Bagian I) . Dan sekarang saya akan melanjutkannya di bagian II ini, mari kita simak yang berikut ini. Interface: dalam terminologi perangkat lunak, interface biasa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam 1 sistem. IP DSLAM: merupakan singkatan dari Internet Protokol Digital Subscriber Line Access Multipexer. DSLAM adalah perangkat jaringan yang terletak di dekat lokasi pelanggan. Perangkat menghubungkan sambungan pelanggan digital kepada backbone internet berkecepatan tinggi dengan menggunakan teknik multiplexing. IRC : IRC merupakan singkatan dari Internet Relay Chat. Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk chatting. Untuk menggunakan layanan ini biasanya pengguna cu